Hati-hati Dengan Banyaknya Apple App Store dan Google Play Store Palsu, Tips Membedakan yang Asli dan Palsu

Hati-hati Dengan Apple App Store dan Google Play Store Palsu, Tips Membedakan yang Asli dan Palsu




Bukan hanya gadget/smartphone yang dipalsu, Apple App Store juga dipalsu bahkan sampai ratusan aplikasi belanja palsu. Seperti yang disebutkan oleh CNET, masalah ini juga bisa ditemui di Google Play Store.

Sementara sebagian dari aplikasi-aplikasi palsu ini hanya menampilkan iklan yang mengganggu, sebagian yang lain dapat menimbulkan bahaya yang lebih besar. Aplikasi-aplikasi palsu tersebut bisa saja mengandung malware yang dapat mencuri informasi pribadi seseorang.

Tah hanya itu scammer juga dapat mengambil kesempatan jika pengguna aplikasi memasukkan informasi kartu kredit mereka di aplikasi palsu tersebut. Inilah beberapa tips untuk membedakan aplikasi asli dengan aplikasi palsu.

1. Cek review di App Store atau Play Store
Aplikasi yang sebenarnya biasanya memiliki ribuan review. Sementara aplikasi palsu biasanya tidak memiliki review sama sekali.

2. Cek pembuat aplikasi
Anda harus sangat berhati-hati saat memeriksa nama pembuat aplikasi. Para penipu biasanya menggunakan nama serupa dengan pembuat aplikasi asli. Misalnya, Overstock.com adalah aplikasi asli dan Overstock Inc adalah pembuat aplikasi palsu.

3. Cek tanggal pembuatan aplikasi
Aplikasi palsu biasanya memiliki tanggal rilis yang relatif baru. Sementara aplikasi asli biasanya hanya menampilkan tanggal update terakhir. Misalnya, aplikasi Overstock palsu baru saja dirilis pada tanggal 26 Oktober tahun ini.

4. Cek kesalahan pada nama dan deskripsi
Kebanyakan dari aplikasi palsu ini datang dari Tiongkok. Mengingat bahasa Inggris bukan bahasa ibu mereka, perhatikan apakah ada kesalahan pada nama dan deskripsi aplikasi.

5. Pastikan Anda mengunduh aplikasi resmi
Ketika Anda hendak mengunduh aplikasi tertentu, Anda bisa mengunjungi situs resminya. Cari tombol atau ikon yang menawarkan untuk mengunduh aplikasi mereka. Hal ini akan membawa Anda ke aplikasi resmi dari situs tersebut di App Store atau Play Store.

6. Hati-hati akan aplikasi yang menawarkan diskon
Jika aplikasi menawarkan diskon besar yang terdengar mustahil, berhati-hatilah. Karena kemungkinan, aplikasi tersebut hanya bermaksud menipu.

Related product you might see:

Share this product :

Review This Product

Hot Articles

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Redesigned : Tukang Toko Online
Copyright © 2011. Kios Laptop Malang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger